Print Spooler Service not Running

Pagi ini mau ngeprint eh ketemu error seperti ini. Yakin sekali kalau ini kerjaan virus yang kurang kerjaan.

Di dalam Printer and Faxes, semua printer yang sebelumnya sudah terinstall hilang semua. Fungsi Add printer tidak bisa dijalankan.

Kalau dilihat dari errornya berarti “printer spooler service” tidak berjalan, untuk mengatasinya kita harus masuk ke dalam “Windows Services Manager”, letaknya ada di control panel -> services (windows XP), atau jalankan services.msc di run (start->run / tmbl windows +r).

Pada jendela Services kelihatan kalau “printer spooler” tidak jalan dan startup type adalah manual (seharusnya otomatis).

Rubah propertinya dengan cara klik kanan pada “printer spooler”, klik properties, kemudian klik start dan rubah startup type menjadi otomatis.

Kalau berhasil jalan, berarti printer sudah bisa dipakai kembali. Aku cek di Printer and Faxes, semua printer yang telah terinstall sudah kembali terdeteksi dengan baik dan sudah bisa nge-print lagi.

Dalam kasus lain, terkadang services tidak berhasil dijalankan, besar kemungkinan file pendukung yang dibutuhkan untuk menjalankan “printer spooler service” sudah terhapus saat membersihkan virus. Untuk memperbaiki masalah ini kita harus men-copy manual file-file yang dibutuhkan, ada 4 file yang harus kita kembalikan, yakni :

  1. winspool.drv
  2. winspool.exe
  3. spoolss.dll
  4. spoolsv.exe

File tersebut bisa didapatkan di cd installer atau bisa download dari sini copy-kan file-file tersebut ke directory windows/system32. Kemudian lakukan kembali langkah yang sama untuk menjalankan “printer spooler service”.